Riset dan Kampanye Perusahaan, Strategis Membangun Kekuatan Serikat

Bersama : Helmizan Sakrani, S.E., S.H. Sekjend DPP FSPKEP KSPI

Jakarta – Fspkep.id | Edisi : Selasa 7 Januari 2025 Berdasarkan buku pegangan tentang Riset dan kampanye perusahaan strategis : MEMBANGUN KEKUATAN SERIKAT, Bahwa Serikat pekerja di seluruh dunia berjuang untuk membela hak-hak pekerja di tengah kerasnya penentangan oleh pengusaha yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap serikat pekerja dan rantai pasok global yang rumit, Ketika keadaan berubah, serikat pekerja membutuhkan taktik dan strategi baru untuk mengorganisir dan berunding dengan pengusaha.Seluruh Sektor mengalami dampak globalisasi dengan jutaan pekerjanya di seluruh dunia.

Perlunya riset terhadap perusahaan sangat penting untuk mengetahui maju mundurnya suatu usaha di perusahaan, perlunya Riset perusahaan salah satu pendekatan yang mungkin, yang juga akan membantu dalam menyusun kampanye strategis yang komprehensif untuk pengorganisasian dan perundingan bersama.Pemahaman yang jelas dan pasti untuk berstrategi pencarian data peeusahaan akan memberikan wawasan yang berguna untuk mengembangkan kampanye strategis tentang pengorganisasian serikat pekerja dan tentang cara memperbaiki praktik ketenagakerjaan yang tidak adil dalam rantai pasokan global.

Riset perusahaan strategis adalah alat untuk merancang kampanye strategis untuk membawa perusahaan/pengusaha ke meja perundingan, menggunakan pengetahuan untuk membangun kekuatan pekerja.Riset perusahaan strategis lebih dari sekadar pengumpulan informasi tentang pengusaha, ini adalah penelitian yang diarahkan baik untuk memahami bagaimana alur kekuatan mengalir di perusahaan dan untuk mengidentifikasi kerentanan dan titik potensi pengaruh. Ini membantu memahami risiko dan peluang yang ada dalam menghadapi perusahaan yang ditargetkan.

Riset perusahaan strategis bukan hanya tentang menggali borok pengusaha; namun Ini adalah langkah pertama dalam menyusun kampanye strategis multifaset yang diperlukan untuk dapat menang hari ini.Riset perusahaan strategis akan membedakan apa yang ada di dalam dan di luar pengusaha/perusahaan target Ini juga membedakan antara tiga tingkat operasi yang berbeda di perusahaan: komando dan kendali, pemangku kepentingan operasional dan luar.

Point penting dalam riset terhadap perusahaan tempat bekerja diantaranya yaitu :

1. Asal perusahaan.Apa yang dilakukannya, di negara mana perusahaan terdaftar dan di mana kantor pusatnya. Sumber informasi utama lainnya yang diperlukan adalah rincian kontak dan apakah perusahaan tersebut dimiliki swasta atau publik, atau nirlaba.

2. Penting untuk mengetahui produk atau layanan apa yang dibuat atau disediakan oleh perusahaan. Meskipun kita mungkin mengenal sebuah perusahaan karena produk tertentu yang terkenal, tetapi ternyata ini mungkin adalah bagian kecil, atau tidak menguntungkan, dari bisnis tersebut. Penting untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang berbagai segmen bisnis, serta pendapatan dan laba yang dihasilkan oleh setiap segmen.

3. Sangat penting sekali untuk menyusun daftar lengkap fasilitas perusahaan. Apakah dimiliki sendiri? Disewa? Berapa umur fasilitas? Fasilitas yang dibangun dengan obligasi pengembangan industri atau uang publik lainnya memberikan peluang untuk memperluas perselisihan dan membawanya ke ruang publik.

4. Sama pentingnya adalah untuk mengetahui apakah di fasilitas tersebut ada serikat pekerjanya. Jika ada serikatnya, berapa jumlah serikat pekerja/dewan pekerja/perwakilan pekerja yang terdaftar? Apakah mereka perwakilan pekerja yang murni? Berapa banyak pekerja yang berserikat, apakah ada Perjanjian Kerja Bersama, apakah ada mekanisme keluh kesah yang disepakati, dll?

5. Langkah selanjutnya adatan mengumpulkan informasi tentang tenaga kerja. Ini termasuk berapa banyak pekerja yang berserikat, demografi mereka dan apakah mereka bekerja penuh atau paruh waktu.Di mana saja tempat tenaga kerja berada, peluang apa saja yang tersedia dan jenis hubungan apa saja yang dapat dibuat? Penting juga untuk mengetahui apakah ada pelanggaran hak-hak pekerja yang terdokumentasi menurut standar ketenagakerjaan nasional dan internasional.

6. Informasi keuanganKita perlu mengumpulkan informasi keuangan dasar. Pengetahuan tentang laporan laba rugi dan neraca, bersama dengan beberapa angka- angka kunci tentang pendapatan yang dihasilkan dan laporan laba rugi setidaknya lima sampai sepuluh tahun akan memberikan wawasan penting untuk kampanye yang diperlukan.

7. Sejarah perusahaan dan strategi bisnis.Penting untuk memahami sejarah perusahaan dan strateginya. Dalam menyusun kampanye strategis, penting untuk mengetahui ke mana arah perusahaan sejak didirikan, serta janji-janjinya kepada pemegang saham dan investor. Terkadang strategi bisnis ditekankan dengan jelas dalam dokumen dan website perusahaan, sementara dalam kasus lain harus diperoleh dari siaran pers, pertemuan konferensi triwulanan, atau materi lainnya. Jika terdaftar secara publik, laporan tahunan merupakan sumber informasi yang penting.

8. Manajemen perusahaan, struktur kepemilikan dan dewan direksi.Pemahaman yang komprehensif tentang manajemen diperlukan. Apakah mereka juga menjabat di direksi perusahaan lain? Apakah mereka terlibat dalam kegiatan filantropi? Apakah mereka memiliki asosiasi dengan badan-badan pemerintah? Mengetahui sebanyak mungkin tentang CEO itu penting, mungkin ada manajer puncak lain yang mungkin kuat dan rentan. Menyelesaikan informasi tentang perusahaan target adalah dengan informasi tentang pemegang saham/investor dan dewan direksi. Perhatikan bahwa mereka berada di beberapa sisi garis, karena sampai batas tertentu mereka berada di perusahaan, namun mereka juga orang luar. Untuk perusahaan publik di Amerika Serikat dan Kanada, Informasi pemegang saham sudah tersedia, dan penting untuk mengidentifikasi pemegang saham terbesar. Sementara pemegang saham utama sering kali merupakan reksa dana dan lembaga keuangan, hal yang tidak terduga memang terjadi.

9. Pemberi pinjaman, perusahaan induk dan anak perusahaan.Pemberi pinjaman mungkin memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap arah perusahaan. Khususnya dalam kasus akuisisi menggunakan pinjaman utang, atau di mana perusahaan berhutang banyak, pemberi pinjaman mungkin memainkan peran yang lebih kuat di perusahaan daripada manajemen tingkat atas. Penting untuk menentukan apakah ada perusahaan Induk yang lebih besar atau, dalam beberapa kasus, serangkaian perusahaan induk dan peran yang dimainkan oleh perusahaan induk langsung dan/atau utama dalam operasi, pengambilan keputusan, dan pengendalian. Dalam beberapa kasus, perusahaan induk memainkan peran sedikit atau tidak sama sekali; di tempat lain perusahaanRiset perusahaan strategis akan membedakan apa yang ada di dalam dan di luar pengusaha/perusahaan target Ini juga membedakan antara tiga tingkat operasi yang berbeda di perusahaan: komando dan kendali, pemangku kepentingan operasional dan luar. [Red]

Sumber berita: Juravich; Tom (2007): MENGALAHKAN MODAL GLOBAL: Kerangka dan Metode untuk Riset dan Kampanye di https://strategiccorporateresearch.org/resources/ atau www.industriall-union.org

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *